Cara Menambahkan Ing Pada Verb

Must Read

Posisi Adjective Dalam Kalimat

Pembagian jenis posisi adjective dalam kalimat adalah berdasarkan letak dan fungsinya masing-masing. Secara garis besar terdiri dari dua posisi...

Pembentukan Kata Sifat

Berbagai jenis kata sifat menjelaskan kata benda, kata kerja atau kadang-kadang bahkan kata sifat lainnya. Adjective atau kata sifat...

Adverb of Affirmation

Intraxenglish.com - Adverb of affirmation merupakan kata keterangan yang menyatakan bahwa pernyataan atau fakta yang diberikan adalah benar. Pengertian Adverb...
Zaki Mubaraqhttps://www.intraxenglish.com/
CEO Intraxenglish.com, coffee addict, blogger enthusiast, gak bisa basa-basi dan kayaknya setelah gua mikir2 kayaknya gua Introvert orangnya. dah, itu aja... 🙂

Ada dua jenis perubahan verb (kata kerja) yang dapat dilakukan dengan cara menambahkan ing pada verb, yaitu gerund dan participle. Keduanya terbentuk dari kata kerja, tetapi tidak pernah digunakan sendiri sebagai action words dalam kalimat. Sebaliknya, kata kerja berfungsi sebagai kata benda, kata sifat, atau kata keterangan.

Participle adalah kata kerja yang berakhiran dengan -ing (present participle) atau -ed, -d, -t, -en, -n (past participle). Participle dapat berfungsi sebagai kata sifat, menggambarkan atau memodifikasi kata benda. Gerund berakhiran -ing berfungsi sebagai kata benda.

Cara Menambahkan Ing Pada Verb

Pada artikel ini saya kan menjelasakan bagaimana cara pembentukan Verb + ing yaitu dengan aturan-aturan tertentu yang telah di tentukan dalam grammar Bahasa Inggris.

Ada beberapa aturan cara menambahkan ing pada Verb atau membentuk Present Participle dari Infinitive, yaitu sebagai berikut :

  1. Pada umumnya Present Participle dibentuk dari bentuk kata kerja dasar (Infinitive) dengan menambah huruf -ing.
    Infinitive Present Participle Arti
    apply applying menggunakan
    betray betraying berkhianat
    go going pergi
    copy copying menurun
    sing singing menyanyi
  2. Jika bentuk kata kerja dasarnya (Infinitive) bersuku kata satu dan tekanan pengucapannya jatuh pada suku kata terakhir yang didahului oleh sebuah huruf hidup, maka huruf akhir digandakan, lalu ditambah -ing.
    Infinitive Present Participle Arti
    cut cutting memotong
    dun dunning menagih
    jog jogging berlari pelan
    slip slipping tergelincir
    swim swimming berenang
  3. Jika bentuk kata kerja dasarnya (Infinitive) yang bersuku kata dua atau lebih itu, dan tekanan pengucapannya jatuh pada suku kata terakhir yang didahului oleh sebuah huruf hidup (vocal), maka huruf mati (konsonan) terakhir digandakan, lalu ditambah -ing.
    Infinitive Present Participle Arti
    allot allotting membagikan
    begin beginning memulai
    occur occurring terjadi
    recur recurring berulang
    submit submitting mengajukan
  4. Jika bentuk kata kerja dasarnya (Infinitive) bersuku kata dua dengan berakhiran huruf -I yang didahului oleh sebuah huruf hidup (vocal), maka huruf -l digandakan, lalu ditambah -ing.
    Infinitive Present Participle Arti
    control controlling memeriksa
    expel expelling mengeluarkan
    propel propelling mendorong
    quarrel auarrelling bertengkar
  5. Jika bentuk kata kerja dasarnya (Infinitive) bersuku kata satu atau dua itu berakhiran huruf -i yang didahului oleh dua buah hidup (vocal), maka huruf -i terakhir tidak boleh digandakan, tetapi langsung ditambah -ing.
    Infinitive Present Participle Arti
    sail sailing berlayar
    seal sealing menutup
    wait waiting menunggu
    assail assailing menyerbu
    conceal concealing menyembunyikan
  6. Jika bentuk kata kerja dasarnya (Infinitive) berakhiran huruf-e yang didahului oleh huruf mati (konsonan), maka huruf -e dihilangkan, lalu ditambah -ing.
    Infinitive Present Participle Arti
    come coming datang
    change changing mengubah
    ride riding menunggu
    write writing menulis
    shine shining bersinar
  7. Jika bentuk Infinitive (kata kerja dasar) berakhiarn huruf -e yang didahului oleh huruf hidup -e juga, maka langsung tambahkan -ing. contoh: flee menjadi fleeing (melarikan diri)
    Jika bentuk kata kerja dasarnya (Infinitive) berakhiran huruf -e yang didahului oleh huruf -i, maka huruf -ie diganti dengan y, lalu ditambah -ing.

    Infinitive Present Participle Arti
    die dying layu (bunga)
    lie lying berbaring
    tie tying menunggu
    shine shining bersinar

Kesimpulan

Present participle adalah kata kerja yang berakhiran dengan -ing, Pembentukan verb + ing tidak sama semua terhadap kata kerja.

Ada 7 aturan cara menambahkan ing pada verb (kata kerja) seperti yang telah saya jelaskan diatas lengkap dengan contoh katanya.

Referensi:

  • Azar, B. S., & Hagen, S. A. (2009). Understanding and using English grammar. White Plains, NY: Pearson Longman.
  • Butt, D Fahey.R, Feez. S., Spink, S., & Yallop, “. (2001) Using Functional Grammar: An Explorer’s Guide. (2nd Ed). Sydney: National Centre for English Language Teaching and Research. Macquarie University.
  • Verb + -ing or verb + infinitive. http://learnenglishteens.britishcouncil.org/grammar/beginner-grammar/verb-ing-or-verb-infinitive. Accessed on July 22, 2018.
Artikel SebelumnyaPresent Perfect Tense
Artikel SelanjutnyaPast Continuous Tense

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 4 =

Latest

Posisi Adjective Dalam Kalimat

Pembagian jenis posisi adjective dalam kalimat adalah berdasarkan letak dan fungsinya masing-masing. Secara garis besar terdiri dari dua posisi...

Pembentukan Kata Sifat

Berbagai jenis kata sifat menjelaskan kata benda, kata kerja atau kadang-kadang bahkan kata sifat lainnya. Adjective atau kata sifat dapat berupa kata tunggal (exciting,...

Adverb of Affirmation

Intraxenglish.com - Adverb of affirmation merupakan kata keterangan yang menyatakan bahwa pernyataan atau fakta yang diberikan adalah benar. Pengertian Adverb of Affirmation Adverb of affirmation adalah...

Adverb of Frequency

Adverb of frequency memberi tahu kita seberapa sering sesuatu terjadi, telah dan akan terjadi dan lain-lain. Contoh: He rarely drinks. My father calls me on the phone...

Adverb of Manner

Dalam tata bahasa Inggris, adverb of manner adalah adverb yang menjelaskan bagaimana dan dengan cara apa tindakan suatu kata kerja dilakukan, disebut juga manner...

More Articles Like This