34.1 C
Jakarta
Selasa, April 16, 2024
BerandaGrammarCara Menambahkan Ing...

Cara Menambahkan Ing Pada Verb

Ada dua jenis perubahan verb (kata kerja) yang dapat dilakukan dengan cara menambahkan ing pada verb, yaitu gerund dan participle.

Keduanya terbentuk dari kata kerja, tetapi tidak pernah digunakan sendiri sebagai action words dalam kalimat. Sebaliknya, kata kerja berfungsi sebagai kata benda, kata sifat, atau kata keterangan.

Participle adalah kata kerja yang berakhiran dengan -ing (present participle) atau -ed, -d, -t, -en, -n (past participle). Participle dapat berfungsi sebagai kata sifat, menggambarkan atau memodifikasi kata benda. Gerund berakhiran -ing berfungsi sebagai kata benda.

Cara Menambahkan Ing Pada Verb

Pada artikel ini saya kan menjelasakan bagaimana cara pembentukan Verb + ing yaitu dengan aturan-aturan tertentu yang telah di tentukan dalam grammar Bahasa Inggris.

Ada beberapa aturan cara menambahkan ing pada Verb atau membentuk Present Participle dari Infinitive, yaitu sebagai berikut :

  • Pada umumnya Present Participle dibentuk dari bentuk kata kerja dasar (Infinitive) dengan menambah huruf -ing.
    InfinitivePresent ParticipleArti
    applyapplyingmenggunakan
    betraybetrayingberkhianat
    gogoingpergi
    copycopyingmenurun
    singsingingmenyanyi
  • Jika bentuk kata kerja dasarnya (Infinitive) bersuku kata satu dan tekanan pengucapannya jatuh pada suku kata terakhir yang didahului oleh sebuah huruf hidup, maka huruf akhir digandakan, lalu ditambah -ing.
    InfinitivePresent ParticipleArti
    cutcuttingmemotong
    dundunningmenagih
    jogjoggingberlari pelan
    slipslippingtergelincir
    swimswimmingberenang
  • Jika bentuk kata kerja dasarnya (Infinitive) yang bersuku kata dua atau lebih itu, dan tekanan pengucapannya jatuh pada suku kata terakhir yang didahului oleh sebuah huruf hidup (vocal), maka huruf mati (konsonan) terakhir digandakan, lalu ditambah -ing.
    InfinitivePresent ParticipleArti
    allotallottingmembagikan
    beginbeginningmemulai
    occuroccurringterjadi
    recurrecurringberulang
    submitsubmittingmengajukan
  • Jika bentuk kata kerja dasarnya (Infinitive) bersuku kata dua dengan berakhiran huruf -I yang didahului oleh sebuah huruf hidup (vocal), maka huruf -l digandakan, lalu ditambah -ing.
    InfinitivePresent ParticipleArti
    controlcontrollingmemeriksa
    expelexpellingmengeluarkan
    propelpropellingmendorong
    quarrelauarrellingbertengkar
  • Jika bentuk kata kerja dasarnya (Infinitive) bersuku kata satu atau dua itu berakhiran huruf -i yang didahului oleh dua buah hidup (vocal), maka huruf -i terakhir tidak boleh digandakan, tetapi langsung ditambah -ing.
    InfinitivePresent ParticipleArti
    sailsailingberlayar
    sealsealingmenutup
    waitwaitingmenunggu
    assailassailingmenyerbu
    concealconcealingmenyembunyikan
  • Jika bentuk kata kerja dasarnya (Infinitive) berakhiran huruf-e yang didahului oleh huruf mati (konsonan), maka huruf -e dihilangkan, lalu ditambah -ing.
    InfinitivePresent ParticipleArti
    comecomingdatang
    changechangingmengubah
    rideridingmenunggu
    writewritingmenulis
    shineshiningbersinar
  • Jika bentuk Infinitive (kata kerja dasar) berakhiarn huruf -e yang didahului oleh huruf hidup -e juga, maka langsung tambahkan -ing. contoh: flee menjadi fleeing (melarikan diri).
  • Jika bentuk kata kerja dasarnya (Infinitive) berakhiran huruf -e yang didahului oleh huruf -i, maka huruf -ie diganti dengan y, lalu ditambah -ing.
    InfinitivePresent ParticipleArti
    diedyinglayu (bunga)
    lielyingberbaring
    tietyingmenunggu
    shineshiningbersinar

Kesimpulan

Present participle adalah kata kerja yang berakhiran dengan -ing, Pembentukan verb + ing tidak sama semua terhadap kata kerja.

Ada 7 aturan cara menambahkan ing pada verb (kata kerja) seperti yang telah saya jelaskan diatas lengkap dengan contoh katanya.

Bibliografi

Zaki Mubaraq
CEO Intraxenglish.com, coffee addict, blogger enthusiast, gak bisa basa-basi dan kayaknya setelah gua mikir2 kayaknya gua Introvert orangnya. dah, itu aja... :)

Terbaru

Continue Reading

Phrasal Verb

Pada materi kali ini saya akan menjelaskan pengertian phrasal verb beserta daftar kata phrasal verb yang sering digunakan lengkap dengan arti dan contoh kalimat. Pengertian Phrasal Verb Apa itu phrasal verb? Pengertian phrasal verb adalah frasa yang terdiri dari kata kerja...

Parts of Speech

Parts of speech merupakan istilah yang digunakan dalam Bahasa inggris untuk 9 kategori utama dalam pengelompokan kata menurut fungsinya dalam kalimat, seperti nouns atau verbs.Setiap kalimat yang anda tulis atau ucapkan dalam Bahasa inggris mencakup beberapa kata yang termasuk...

Preposition

Preposition adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan hubungan antara kata benda (nouns) atau kata ganti (pronouns) dan kata-kata lainnya dalam suatu kalimat.Atau bisa juga Preposition (kata depan) kata yang ditempatkan sebelum kata benda (nouns) atau kata ganti (pronouns) dengan...