Future Continuous Tense

Future continuous tense adalah kalimat yang memiliki fungsi menunjukkan sesuatu akan terjadi di masa depan dan berlanjut untuk jangka waktu yang diharapkan.

Future continuous tense berfungsi untuk menunjukkan tindakan atau keadaan yang akan terjadi selama waktu tertentu dalam beberapa saat di waktu yang akan datang dengan bentuk dasar rumus future continuous tense verbal dan nominal adalah S + Shall/Will + Be.

Pengertian Future Continuous Tense

Future continuous tense adalah bentuk kalimat atau ungkapan yang memiliki fungsi untuk menunjukkan bahwa sesuatu akan terjadi di masa depan dan terus berlanjut untuk jangka waktu yang diharapkan.

kadang-kadang future continuous tense disebut juga sebagai future progressive tense hanya menggunakan action verbs , karena mungkin untuk melakukannya membutuhkan jangka waktu tertentu.

Action verbs menggambarkan kegiatan seperti running (berlari), thinking (berpikir) atau seeing (melihat). Stative verbs menggambarkan keadaan keberadaan, seperti : seeming (tampak) atau knowing (mengetahui).

Rumus Future Continuous Tense Verbal dan Nominal

Tense ini di bangun dengan penggabungan simple future tense dan present continuous tense maka menghasilkan rumus future progressive tense dengan bentuk dasar “S + Shall/Will + Be + Present Participle (Verb-1 + ing)”.

Jenis rumus future progressive tense terdiri dari dua bentuk kalimat, yaitu verbal dan nominal, dalam tabel dibawah ini saya akan mejelaskan secara lengkap bentuk rumus future continuous tense verbal dan nominal.

1. Rumus Verbal

Jenis Kalimat Rumus Future Continuous Tense Verbal Contoh
Positif S + will + be + (V1+ing) + O/Adv Indonesia will be celebrating the independence day next week.
Negatif S + will + not + be + (V1+ing) + O/Adv He will not be attending to my party tomorrow.
Interogatif Will + S + not + be + (V1+ing) + O/Adv? Will he be attending to my party tomorrow?

2. Rumus Nominal

Jenis Kalimat Rumus Future Continuous Tense Nominal Contoh
Positif S + will + be + Noun/Adj/Adv They will be disappointed on monday afternoon.
Negatif S + will + not + be + Noun/Adj/Adv My team will not be ready at ten o’clock.
Interogatif Will + S + be + Noun/Adj/Adv? Will she be happy tonight?

Fungsi Future Continuous Tense

Setiap tense dalam tata bahasa inggris memiliki fungsi dan tempat pengunaannya yang berbeda-beda, fungsi future continuous tense dalam sebuah kalimat dapat digunakan untuk sebagai berikut:

  1. Berfungsi untuk menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang akan terjadi pada waktu yang akan sedang terjadi.
    Contoh kalimat:

    • I shall be learning Japanese culture. (Aku akan sedang belajar kebudayaan Jepang).
  2. Berfungsi untuk menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang akan terjadi pada waktu yang akan terjadi terus-menerus pada waktu yang akan datang.
    Contoh kalimat:

    • When you come to my office my secretary will be busy talking on the phone. (Ketika kamu datang ke kantorku, sekretarisku akan sedang sibuk berbicara di telepon).

Ciri-ciri Future Continuous Tense

Future continuous tense memiliki ciri-ciri khusus, yaitu predikat kalimat yang sering dipakai dalam bentuk tense ini adalah: Shall/Will + Be + Present Participle.

Keterangan Waktu (time signal) Future Continuous Tense

Keterangan waktu (time signal) future continuous tense yang biasa digunakan dalam sebuah kalimat adalah seperti yang saya sebutkan dalam tabel dibawah ini :

Keterangan Waktu Arti
tomorrow Besok
while sementara
when ketika
if jikalau
at this time tomorrow pada saat ini beso
at the same time next week pada waktu yang sama minggu depan
by this time tomorrow pada waktu seperti sekarang besok

Khusus seperti halnya dengan struktur kalimat yang menggunakan bentuk continuous lainnya yang menyatakan sedang dalam proses, maka bentuk future continuous menyatakan sedang dalam proses yang akan datang.
Contoh kalimat:

  • Now Dita is studying Indonesian history. (Sekarang Dita sedang belajar sejarah Indonesia).
Jika kita mengatakan bahwa Dita besok sedang belajar sejarah Indonesia juga seperti saat ini, maka pernyataannya:

  • Dita will be studying Indonesian history at the same time tomorrow. (Dita akan sedang belajar sejarah Indonesia pada waktu yang sama besok).

Rangkuman

Future continuous tense adalah bentuk kalimat yang memiliki fungsi untuk menunjukkan sesuatu akan terjadi di masa depan dan berlanjut untuk jangka waktu yang diharapkan. Bentuk dasar rumus future progressive tense verbal dan nominal adalah S + Shall/Will + Be.

Predikat kalimat yang sering dipakai adalah: Shall/Will + Be + Present Participle, dan itu merupukan ciri-ciri khusus tense ini dengan time signal: tomorrow, at the same time next week atau while.

Referensi :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 + thirteen =