27 C
Jakarta
Selasa, Juni 18, 2024
BerandaGrammarFuture Perfect Continuous...

Future Perfect Continuous Tense

Penggunaan future perfect continuous tense untuk tindakan yang sedang akan berlangsung dan terus terjadi sampai beberapa saat di masa depan.

Pengertian Future Perfect Continuous Tense

Future perfect continuous tense adalah bentuk kalimat yang digunakan untuk mengekspresikan tindakan sedang akan berlangsung atau berkelanjutan yang akan dimulai pada waktu tertentu atau di masa depan dan akan berlanjut sampai suatu saat nanti.

Akan selalu ada referensi waktu lanjutan seperti : for ten months, for 2 years, since Monday, since June.

Jika tidak ada referensi waktu, maka itu bukanlah future perfect continuous tense, tanpa referensi waktu yang berkelanjutan, kalimat seperti itu adalah future continuous tense.

Referensi waktu yang berkelanjutan bisa membedakan antara future continuous tense dan future perfect continuous tense.

Rumus Future Perfect Continuous Tense

Penggabungan dari tiga buah rumus bentuk kalimat yaitu : simple future tense, present perfect tense dan present continuous tense maka terciptalah rumus future perfect continuous tense.

Rumus future perfect continuous tense ini dibangun dengan menggunakan “Will/Shall + Have + Been + present participle (Verb-1 + ing) O + Since/For + Time Signal“.

1. Rumus Bentuk Kalimat Positif

Rumus Future Perfect Continuous PositifContoh
S + Will/Shall + Have + Been + V1-ing + O + Since/For + Ket. WaktuI shall have been sitting under the tree since 10 A.M.

2. Rumus Bentuk Kalimat Negatif

Rumus Future Perfect Continuous NegatifContoh
S + Will/Shall + not + Have + Been + V1-ing + O + Since/For + Ket. WaktuShe will have been swimming with her boyfriend for 3 hours.

3. Rumus Bentuk Kalimat Interogatif

Will/Shall + S + Have + Been + V1-ing + O + Since/For + Ket. Waktu Sill she have been swimming with her boyfriend for 3 hours.

Rumus Future Perfect Continuous InterogatifContoh

Fungsi Future Perfect Continuous Tense

Penggunaan future perfect continuous tense dalam sebuah kalimat adalah untuk menyatakan keadaan atau tindakan seperti yang telah saya jelaskan diatas.

Adapun beberapa fungsi future perfect continuous tense dapat digunakan untuk keadaan atau peristiwa sebagai berikut:

  1. Berfungsi untuk menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang akan terjadi pada waktu yang akan berlangsung selama beberapa waktu di masa yang akan datang.
    Contoh kalimat:

    • I shall have been living in Malang for four years by next year. (Aku akan sudah sedang tinggal di Malang selama empat tahun menjelang tahun depan).
  2. Berfungsi untuk menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang akan terjadi pada waktu yang dilakukan sudah lampau dan diteruskan pada masa yang akan datang.
    Contoh kalimat:

    • Rosa will have been visiting her aunt for a week by the end of this year. (Rosa akan sudah sedang mengunjungi bibinya selama seminggu menjelang akhir tahun ini).

Ciri-ciri Future Perfect Continuous Tense

Ciri-ciri future perfect continuous tense adalah sebagai berikut:

  • Predikat kalimat yang sering dipakai dalam bentuk tense ini adalah Shall atau Will.
    Contoh kalimat:

    • I shall have been cooking rendang. (Aku akan sudah sedang memasak rendang).
  • Meskipun kalimat tersebut menunjukkan kata ketiga tunggal, namun kata have tidak berubah menjadi has. Sebab itu merupakan rumus kalimat yang sudah paten tidak bisa diubah.
    Contoh kalimat:

    • I have been reading novel since for 2 weeks.
  • Setelah kata have adalah kata been yang menunjukkan bahwa perbuatan tersebut sudah sedang dilakukan.

Keterangan Waktu (Time Signal) Future Perfect Continuous Tense

Tanda keterangan waktu (time signal) yang sering dipergunakan dalam bentuk future perfect continuous tense adalah:

Keterangan WaktuArtinya
forselama
nextdepan
at this time tomorrowpada jam ini besok
for two weeks by next monthselama dua minggu menjelang bulan depan
by the end of 2000menjelang akhir tahun 2000
by the end of this weekmenjelang akhir minggu ini

Rangkuman

Fungsi future perfect continuous tense adalah untuk menyatakan tindakan yang sedang akan berlangsung dan terus terjadi sampai beberapa saat di masa depan dengan rumus Will + Have + Been + present participle (Verb-1 + ing) O + Since/For + Keterangan Waktu.

Ciri-ciri future perfect continuous tense adalah predikat kalimatnya sering dipakaii shall atau will dengan keterangan waktu “at this time tomorrow“, “for” atau “by the end of this week“.

Bibliografi

  • Azar, B. S., & Hagen, S. A. (2017) Fundamentals of English Grammar. (4th ed.). White Plains, NY: Pearson Longman.
  • Bourke, J.M. (2005). The Grammar We Teach in Reflections on English Language Teacing. University of Brunei.
Zaki Mubaraq
CEO Intraxenglish.com, coffee addict, blogger enthusiast, gak bisa basa-basi dan kayaknya setelah gua mikir2 kayaknya gua Introvert orangnya. dah, itu aja... :)

Terbaru

Continue Reading

Posisi Adjective Dalam Kalimat

Pembagian jenis posisi adjective dalam kalimat adalah berdasarkan letak dan fungsinya masing-masing.Secara garis besar terdiri dari dua posisi yaitu attributive adjectives dan predicative adjectives. Posisi Adjective Dalam Kalimat Secara tata bahasa Inggris bahwa adjective (kata sifat) berfungsi untuk menerangkan atau membatasi...

Pembentukan Kata Sifat

Berbagai jenis kata sifat menjelaskan kata benda, kata kerja atau kadang-kadang bahkan kata sifat lainnya.Adjective atau kata sifat dapat berupa kata tunggal (exciting, amusing) atau gabungan (hard-working, self-centered).Tahukah kamu bagaimana cara pembentukan kata sifat (adjective)? Bagaimana beauty (noun) dikonversi...

Adverb of Affirmation

Intraxenglish.com - Adverb of affirmation merupakan kata keterangan yang menyatakan bahwa pernyataan atau fakta yang diberikan adalah benar. Pengertian Adverb of Affirmation Adverb of affirmation adalah kata keterangan/tambahan yang dipakai untuk menyatakan penegasan, penekanan atau persetujuan untuk suatu jawaban.Kata katerangan ini...