30.3 C
Jakarta
Kamis, Juli 18, 2024
BerandaGrammarAdverbsAdverb of Time

Adverb of Time

Adverb yang mengubah atau memenuhi syarat makna suatu kalimat yang memberi tahu kita kapan sesuatu terjadi didefinisikan sebagai kata keterangan waktu atau adverb of time.

Beberapa adverb of time sama dengan adverbs of frequency. Ada sedikit tumpang tindih antara kedua jenis kata keterangan ini.

Sebagian referensi memilih untuk menyebutkan termasuk dalam kelompok salah satu diantara keduanya tetapi tidak memasukkan kedalam kedua-duanya.

Pengertian Adverb of Time

Adverb of time (kata keterangan waktu) adalah kata keterangan/tambahan yang dipakai untuk menerangkan waktu terjadinya suatu peristiwa, tindakan atau pekerjaan.

Kata keterangan ini digunakan untuk menjawab pertanyaan seperti: how long (berapa lama), how often (berapa sering), how soon (berapa cepat), when (kapan), at what time (pada jam berapa), at what intervals (pada jarak waktu berapa), dan lain sebagainya.

Penggunaan Adverb of Time

Penggunaan adverb of time adalah pada saat anda mengatakan atau menjelaskan tentang kapan, berapa lama atau seberapa sering sesuatu tertentu terjadi.

Contoh Kalimat:

  • He came yesterday. (When did he come?)
  • I want it now. (When do I want it?)
  • They deliver the newspaper daily. (How often do they deliver the newspaper?)
  • We sometimes watch a movie. (How often do we watch a movie?)

Jenis Adverb of Time dan Contoh Kalimat

Jenis-jenis adverb of time dibagi menjadi 2 (dua) macam, yaitu:

  1. Adverb of definite time
  2. Adverb of indefinite time

1. Adverb of definite time

Adverb of definite time (kata keterangan waktu tertentu) adalah kata keterangan yang digunakan untuk menunjukkan waktu yang sudah tentu.

Pada umumnya kata keterangan ini dapat diletakkan di awal atau di akhir kalimat. Sedangkan yang termasuk dalam kata keterangan ini adalah:

Adverb of definite timeArtinya
todayhari ini
tonightmalam ini
everydaysetiap hari
nowsekarang
sundayhari minggu
last weekminggu lalu
next yeartahun depan
in the afternoonpada siang hari
at three o’clockpada jam 3
yesterdaykemarin

Contoh Kalimat adverb of definite time

Contoh kalimat adverb of definite time adalah:

  • He is reading a magazine now. (Dia (lk) sedang membaca majalah sekarang.)
  • I go to school by bus everyday. (Aku pergi ke sekolah dengan menggunakan bus setiap hari.)
  • Her cat died last week. Kucingnya (pr) mati minggu lalu.

2. Adverb of indefinite time

Adverb of indefinite time (kata keterangan waktu tak tertentu), adalah kata keterangan yang digunakan untuk menunjukkan waktu yang tak tentu.

Pada umumnya kata keterangan ini terletak sebelum kata kerja dasar (infinitive) atau setelah to be atau terletak kata kerja bantu (auxiliary verb).

Yang termasuk dalam kata keterangan ini adalah:

Adverb of indefinite timeArtinya
everpernah
usuallybiasanya
stillmasih
seldomjarang
recentlybaru-baru ini
latelyakhir-akhir ini
soonsegera
sometimeskadang-kadang
oftensering
beforesebelum
nevertidak pernah
afterwardssesudah itu
presentlysegera akan

Contoh Kalimat Adverb of Indefinite Time

Contoh kalimat adverb of indefinite time adalah:

  • There is an earthquake in Padang recently. (Baru-baru ini ada gempa di Padang.)
  • My uncle often smoke in the morning. (Pamanku sering merokok di pagi hari.)
  • They usually play soccer at the school field. (Mereka biasanya bermain sepakbola di lapangan sekolah.)

Apabila terdapat beberapa adverb of definite time dan adverb of indefinite time dalam sebuah kalimat, maka kata adverb of definite time yang bersifat lebih khusus yang harus didahulukan.

Contoh:

  • My baby brother always sleep at seven o’clock in the night. (Adik bayiku selalu tidur pada pukul tujuh di malam hari.)
  • She goes to the movies on Saturday every week. (Dia (pr) pergi ke bioskop hari Sabtu setiap minggu.)

Kata keterangan di atas “at seven o’clock” dan “on Saturday” lebih spesifik daripada keterangan “in the night” dan “every week”.

Apabila terdapat kata keterangan tempat (adverb of place) dan kata keterangan waktu (adverb of time) secara bersamaan dalam sebuah kalimat, maka kata keterangan tempat (adverb of place) yang harus didahulukan.

Contoh:

  • We saw a beautiful girl in the market yesterday. (Kami melihat seorang gadis cantik di pasar kemarin.)
  • There were clever students in the class last week. (Ada banyak murid yang pandai di kelas itu minggu lalu.)

Kesimpulan

Pengertian Adverb of time adalah kata keterangan yang digunakan untuk menerangkan waktu terjadinya suatu peristiwa atau pekerjaan, disebut juga kata keterangan waktu.

Kata keterangan waktu terdiri dari dua jenis yaitu: adverb of definite time dan
adverb of indefinite time.

Bibliografi

  • Deterding, David. H. and Gloria R. Poedjosoedarmo. (2001). A Practical English Grammar fourth Edition. Pearson Education Asia Pte Ltd: Singapore.
  • Thomson, A. J and A. V. Martinet. (1996). A Practical English Grammar fourth Edition. Oxford University Press: New York.
  • Wishon, George E and Julia M. Burks. (1980). Let’s Write English Revised Edition. Litton Educational Publishing, Inc: New York.
Sebelumnya
Selanjutnya
Zaki Mubaraq
CEO Intraxenglish.com, coffee addict, blogger enthusiast, gak bisa basa-basi dan kayaknya setelah gua mikir2 kayaknya gua Introvert orangnya. dah, itu aja... :)

Terbaru

Continue Reading

Posisi Adjective Dalam Kalimat

Pembagian jenis posisi adjective dalam kalimat adalah berdasarkan letak dan fungsinya masing-masing.Secara garis besar terdiri dari dua posisi yaitu attributive adjectives dan predicative adjectives. Posisi Adjective Dalam Kalimat Secara tata bahasa Inggris bahwa adjective (kata sifat) berfungsi untuk menerangkan atau membatasi...

Pembentukan Kata Sifat

Berbagai jenis kata sifat menjelaskan kata benda, kata kerja atau kadang-kadang bahkan kata sifat lainnya.Adjective atau kata sifat dapat berupa kata tunggal (exciting, amusing) atau gabungan (hard-working, self-centered).Tahukah kamu bagaimana cara pembentukan kata sifat (adjective)? Bagaimana beauty (noun) dikonversi...

Adverb of Affirmation

Intraxenglish.com - Adverb of affirmation merupakan kata keterangan yang menyatakan bahwa pernyataan atau fakta yang diberikan adalah benar. Pengertian Adverb of Affirmation Adverb of affirmation adalah kata keterangan/tambahan yang dipakai untuk menyatakan penegasan, penekanan atau persetujuan untuk suatu jawaban.Kata katerangan ini...